Kamis, 12 Agustus 2010

REVIEW FILM VANTAGE POINT


Gue nonton film ini baru 2x, sekali di sekolah(itupun kepotong-potong trus) sekali lg di rumah. Walaupun baru 2x nonton, mudah-mudahan gue bisa ngereview film ini dengan baik yaa :D

Pertama liat covernya, hmm menarik sih. Disitu ada tulisan 8 strangers,8 points of view,1 truth. Gue rada bingung ini film maksudnya apa. Langsung aja gue tonton deh. Awalnya diceritain tentang pertemuan buat ngesahin traktat internasional untuk memera gi aksi terorisme. Pertemuan itu diadain di Spanyol. Pas itu presiden Amerika, Henry Ashton naik ke podium mau pidato. Baru mau ngomong tiba-tiba presiden ditembak sm orang dari jendela apartemen di dkt tempat pertemuan itu. Kontan semua orang yang ada disitu panik dan langsung lari. Pengawal-pengawal presiden sibuk menyelamatkan presiden. Nggak lama setelah itu, bom meledak di tempat itu.Suasana makin kacau dan ngga karuan.

Film ini punya banyak keunikan, kayak misalnya kita selalu dibikin penasaran karena pasti di setiap sudut pandang cerita nya terpotong dan langsung balik lagi ke awal kejadian tapi dari sudut pandang saksi lain. Sudut pandang yang diambil itu antara lain sudut pandang nya Barnes (si salah satu pengawal presiden) , Rex (produser berita TV Amerika) , Henry Ashton(presiden), Lewis(turis yang sibuk ngerekam trus selama kejadian) , Sam(yang ternyata dalang semua kejadian) , Enrique(dalang kejadian juga) , Javier (salah satu penjahat yang terpaksa ikutan jd jahat karena mau nyelametin sodaranya) , dan Felipe(bellboy di hotel). Nonton film ini ternyata butuh konsentrasi yang cukup tinggi , kita ga boleh lengah sedikit krn bakal ketinggalan alur ceritanya yang maju-mundur dari waktu yang sama yaitu jam 11:59:57 dan berjalan selama 15 menit dan berulang sampai 8 kali. Keunikan lainnya adalah setting tempat film ini ngga banyak, emang sih kesannya jadi muter-muter disitu aja, tapi dengan setting tempat yang itu-itu aja ngbuat kita makin gampang memahami film yang cukup ruwet ini.

Film berdurasi 90 menit ini ternyata berhasil bikin gue kagum sama kehebatan si Pete Travis sebagai sutradara dan kru-kru nya. Dari camera movement aja keren banget dan ngga bikin kita pusing ngeliat gambarnya. Dari angle juga oke , ya walaupun ada kekurangan sedikit-sedikit lah di beberapa shot. Kalo dari ide cerita sih udah ngga usah ditanya lagi, kreatif dan brilian banget, gue sampe sekarang masih mikir kok ada yaa orang yang sampe sehebat itu merangkai cerita sampe jadi keren dan unpredictable banget. Kenapa gue bilang itu cerita unpredictable?karena di tengah-tengah cerita kita dikasih klimaks yang kayaknya ending nya udah bakal ketebak , tapi ternyata ending nya bener-bener di luar dugaan. Diliat dari segi premis, film ini mengandung nilai bahwa kebenaran haruslah dicari dengan cara yang rumit dan fakta yang real. Kita ngga bisa nemuin kebenaran hanya dari 1 saksi, krn setiap orang punya motif yang beda-beda dlm kesaksiannya, bisa berupa kebaikan maupun kejahatan. Tata artistik setiap adegan di film ini juga patut diacungi jempol deh karena ngga bikin kita boring nontonnya. Aktor sm aktris nya kayak Denis Quaid,si tokoh utama dan Matthew Fox sama Forest Whitaker menjiwai banget setiap peran dan dialognya yang dapet banget feel nya jadi tiap karakternya bisa keliatan dengan jelas.

Overall film ini emang worth-it untuk ditonton berulang-ulang hehe(gue ketagihan buat nonton lagi) dan mau ngga mau kita harus meluangkan waktu yg lumayan buat nonton film ini karena butuh tingkat konsentrasi yang sangat tinggi dan kekuatan untuk duduk berlama-lama :D happy watching!!

Judul: Vantage Point
Sutradara: Pete Travis
Genre: Action Thriller
Pemain: Denis Quaid, Matthew Fox, Forest Whitaker, Sigourney Weaver
MPAA-Ratings: PG-13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar