Selasa, 28 September 2010

REVIEW FILM 3 IDIOTS


JUDUL: 3 IDIOTS
SUTRADARA: RAJKUMAR HIRANI
PEMAIN: AAMIR KHAN, KAREENA KAPOOR, R.MADHAVAN, SHARMAN JOSHI,BOMAN IRANI
GENRE: DRAMA COMEDY
DURASI: 109 MENIT
MPAA-RATINGS: PG-13

Cerita film ini berawal dari Farhan Qureshi dan Raju Rastogi yang nyari temen kuliahnya dulu, Rancho Shaymaldas Chancad yang udh lama banget ngga ketemu. Dan dari pencarian itu, ceritanya jadi flashback ke masa-masa pas mereka kuliah dulu. Disitu diceritain dari awal pas mereka baru masuk universitas teknik paling terkenal di India. Mulanya Farhan, Raju, dan Rancho ngga saling kenal, sampe ternyata mereka dapet sekamar di asrama. Mereka mulai deket dan jadi sahabat yang kemana-mana selalu ber3. Si Rancho itu anak pinter tapi suka ngelanggar peraturan-peraturannya Virru Sahastrabuddhe (yang biasa dipanggil si Virus), sang direktur di universitas itu yang super galak. Jadilah Rancho sering banget dihukum sama Virus. Tapi dia ngga pernah jera dan selalu bisa nyari alesan yang tepat. Karena tahu Farhan dan Raju berteman akrab sama Rancho, si Virus langsung ngirim surat ke orang tua mereka yg isinya supaya anak mereka ngga deket sama Rancho yang suka bikin masalah.

Suatu hari, mereka ber3 ngga sengaja dateng ke acara kawinan gt. Rencananya sih pengen makan gratis. Si Rancho kenalan sama Pia Sahastrabuddhe, seorang dokter yang ternyata adalah anaknya Virus, dan itu adalah kawinan kakaknya Pia. Jadilah mereka ber3 dihukum lagi.
Pokoknya banyak hal deh yang bikin mereka sering banget dihukum sama Virus selama kuliah disitu.

Di unversitas itu ternyata ada anak pinter juga namanya Chatur Ramalingam yang ambisius dan gamau dikalahin sama siapa2. Dia pasti selalu seneng kalo Rancho dan temen2nya dihukum sama Virus. Sampe suatu hari Chatur mau pidato di acara Teacher's day gt. Dia minta bikinin teks nya sama pustakawan di kampus itu. Tapi karena iseng dan pengen banget ngerjain si Chatur, akhirnya Rancho ngubah teks nya jadi kacau banget kata-katanya. Dan itu sukses bikin Chatur dimarahin abis2an sama Virus. Karena kesal dikerjain sama Rancho, si Chatur bikin perjanjian bahwa pada tgl 5 Sept berapa tahun kemudian gitu, dia akan ngebuktiin siapa yang lebih sukses, dia atau Rancho.

Cerita berjalan flashback terus, sampe ketika Farhan dan Raju nemuin rumahnya Rancho yang mereka cari-cari. Ternyata Rancho itu bukan Rancho yang sebenernya. Rancho yang sebenernya adalah anak orang kaya. Sedangkan si Rancho itu adalah anak tukang kebun keluarga tersebut dan dia sebenarnya namanya Chotte. Chotte itu anaknya emang pinter banget, jadi Rancho yang sebenernya nyuruh dia ngelanjutin kuliahnya tapi Chotte harus pake namanya Rancho supaya di ijazah nama Rancho lah yang tertera. Rancho akhirnya ngasih tau dimana sekarang si Chotte. Katanya dia punya sekolahan dan ngajar disitu. Pergilah si Farhan dan Raju kesana. Tapi sebelum itu mereka ngejemput Pia dulu yang udah hampir nikah tapi sama orang yang dia ngga cinta. Raju berhasil ngebawa si Pia kabur buat ketemu Rancho(Chotte), pria yang selama ini dia cintai. Akhirnya mereka berhasil nemuin sekolahan nya si Rancho dan ternyata Rancho udah sukses sekarang. Terus si Chatur gatau kalo ternyata Rancho udah sukses banget dan "Phungsukh Wangdu" , ilmuwan yang selama ini Chatur mau ajak bisnis bareng adalah Rancho. Dia kaget banget dan akhirnya ngakuin kalo Rancho lebih sukses daripada dia. Pia pun akhirnya mau menikah sama Rancho, dan 3 idiot itu bisa ngumpul lagi..

Menurut gue, film Bollywood ini beda sama film-film Bollywood kebanyakan yang biasanya isinya cuma cinta-cintaan yang ngebosenin. Emang sih unsur musik sama nari-nari gitu tetep ada, tapi yaa keren kok. Dari segi teknis, bagus sih, cuma ada 1 scene yang pas lagi banjir gitu lighting nya kurang. Masa lagi banjir kok terang, agak aneh sih. Tapi yang lain2nya sih oke. Trus kalo dari segi estetis juga bagus, Apalagi yang pas scene terakhir itu setting tempatnya keren banget kayak pantai trus air laut sama awan nya biru jernih bersih. Nah kalo dari segi premis, pastinya banyak banget ya pelajaran yang bisa kita ambil dari film ini. Contohnya segala kemungkinan bisa kita manfaatin jadi hasil yang memuaskan, jangan cepet putus asa, dan selalu yakinin hati kita kalo semuanya akan baik2 aja karena itu bisa bikin kita lebih berani dalam ngadepin suatu masalah.

Film ini worth-it banget buat ditonton karena banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Jadi nonton film ini ngga cuma buat refreshing, tapi juga buat belajar makna kehidupan dari sisi lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar